cover
Contact Name
Marlya Fatira AK
Contact Email
marlyafatira@polmed.ac.id
Phone
+6285261198881
Journal Mail Official
marlyafatira@polmed.ac.id
Editorial Address
Department of Accounting Faculty of Financial and Sharia Banking Politeknik Negeri Medan Jl. Almamater Kampus USU No. 01, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal
ISSN : -     EISSN : 27470830     DOI : https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2
Core Subject : Economy, Social,
Focus and Scope Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal ini merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel hasil penelitian atau literature review yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, praktisi pada bidang scope Ekonomi Syariah, Binis dan Kewirausahaan Islami, Muamalah, Filantropi, Keuangan dan Perbankan Syariah, Keuangan Mikro syariah dan Manajemen sumber daya insani.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Desember 2022" : 6 Documents clear
Implementasi Maqashid Syariah Terhadap Penggunaan QRIS Dalam Transaksi Elektronik Fahri Juna Pulungan; Hubbul Wathan; Muhammad Zuhirsyan; Muslim Marpaung
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the analysis of sharia maqashid on the use of QRIS in electronic transactions. Maqashid al-sharia consists of two, namely maqaṣid and sharia, maqashid means intentionality or purpose. The goal (maqashid) can be achieved in a taklif way, and its implementation depends on the ability to understand the main source of law, both the Quran and the hadith. This type of research is descriptive qualitative. The method of collecting data in the study uses library research.  The types of data used in this study are primary and secondary data. The data analysis used is descriptive, using literature studies in the form of sharia maqashid books. The results showed that the use of QRIS for electronic transactions is very good and makes it easier for users and has fulfilled the five elements of maqashid sharia, namely maintaining religion, maintaining soul, maintaining reason, guarding offspring, and guarding property.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis maqashid syariah terhadap penggunaan QRIS dalam transaksi elektronik. Maqashid syariah terdiri dari dua yaitu maqaṣid dan syariah, maqashid berarti kesengajaan atau tujuan. Tujuan (maqashid) tersebut dapat dicapai dengan cara taklif, dan pelaksanannya tergantung kemampuan memahami sumber hukum utama, baik AlQuran maupun hadis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian menggunakan library research.  Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan studi literatur yang berupa buku-buku maqashid syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS untuk transaski elektronik sangat baik dan memudahkan penggunanya serta sudah memenuhi lima unsur maqashid syariah yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.
Pengaruh Literasi Halal, Kualitas Produk, dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Innisfree Pada Masyarakat Muslim Kecamatan Medan Patumbak : Adjeng Syafitri Wirabuana; Zulhendry Zulhendry; Hubbul Wathan; Rival Agus
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi halal, kualitas produk, dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di kota Medan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden yang dinilai secara likert, diuji validitas dan reabilitas . Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan Literasi halal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di Kecamatan Medan Patumbak. Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di di Kecamatan Medan Patumbak. Labelisasi halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di Kecamatan Medan Patumbak. Literasi Halal, Kualitas Produk, dan Labelisasi Halal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di Kecamatan Medan Patumbak. This study was conducted to determine the effect of halal literacy, product quality, and halal labeling on purchasing decisions for innisfree skincare in Muslim communities in the city of Medan. The method used is quantitative. The data collection technique used a questionnaire with a sample of 100 respondents who were assessed by Likert, tested for validity and reliability. The analysis used in this study was multiple linear regression analysis with the help of SPSS 25. The results showed that halal literacy had a negative and significant effect on purchasing decisions for innisfree skincare in Muslim communities in Medan Patumbak District. Product quality has no significant effect on purchasing decisions for innisfree skincare for Muslim communities in Medan Patumbak District. Halal labeling partially has a positive and significant effect on purchasing decisions for innisfree skincare for Muslim communities in Medan Patumbak District. Halal Literacy, Product Quality, and Halal Labeling simultaneously have a significant effect on purchasing decisions for Innisfree skincare in Muslim communities in Medan Patumbak District.
Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Dan Motif Rasional Terhadap Keputusan Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah dina fadilah; Rizal Agus Nasution; Ismi Affandi
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to understand the influence of religiosity, knowledge, and rational motives on students' decisions to save at Islamic banks in the city of Medan. The study used a quantitative research approach, and data analysis was carried out using the multiple regression method. Data were collected through a survey by distributing questionnaires through an online form to 69 student respondents from the Medan State Polytechnic of Finance and Islamic Banking Study Program using a purposive sampling method. This study found that the variables of religiosity and knowledge partially had a significant effect on students' decisions to save at Islamic banks in the city of Medan, with significant values ​​of 0.000 and 0.009, respectively. And the rational motive variable partially has no significant effect on the student's decision to save at an Islamic bank in Medan, with a considerable value of 0.112. The variables of religiosity, knowledge, and rational motives simultaneously influence students' decisions to save in Islamic banks in the city of Medan. Because the F count is 78.730 > F table 2.75 (78.730 > 2.75) and the significant value obtained is 0.000 <0.05 (0.000 <0.05), the coefficient of determination test shows that religiosity, knowledge, and rational motives affect variation in the ups and downs of student saving decisions are as much as 77.3% while the remaining 22.7% is influenced by other variables not included in this study.   Penelitian ini tujuannya untuk mengerti pengaruh religiusitas, pengetahuan serta motif rasional pada keputusan mahasiswa menabung di bank syariah kota Medan. Penelitian memakai pendekatan kuantitatif riset dan analisis data dilaksanakan dengan metode regresi berganda, data dikumpulkan melalui survey dengan membagi kuesioner melalui online form kepada 69 responden mahasiswa Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah  Politeknik Negeri Medan dengan memakai metode sampel purposive sampling. Penelitian ini menemukan bahawa variabel religiusitas serta pengetahuan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menabung di bank syariah kota Medan dengan nilai signifikan masing masing sebanyak 0,000 dan 0,009. Dan variabel motif rasional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menabung di bank syariah kota Medan dengan nilai signifikan 0,112. Variabel religiusitas, pengetahuan serta motif rasional secara simultan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menabung di bank syariah kota Medan. Sebab F hitung 78,730 > F tabel 2,75 (78,730 > 2,75) dan nilai signifikan yang diperoleh sebanyak 0,000 < 0,05 (0,000 < 0,05),  uji koefisien determinasi memperlihatkan bahwa variabel religiusitas, pengetahuan dan motif rasional mempengaruhi variasi naik turunnya keputusan mahasiswa menabung ialah sebanyak 77,3% sedangkan sisanya sebanyak 22,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk pada penelitian ini.
- Analisis Persepsi Sertifikasi Halal Pada Pelaku Usaha Kecil Mikro Di Kabupaten Sumenep Siti Hoiriyatul Muawwanah; Ahmad Makhtum
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Halal food and beverage products are certified halal are the reasons used by consumers buy them because of consumer awareness of these halal products. In addition, the government also requires halal certification on food and beverage products starting in 2024. This study aims to determine the perception of halal certification in micro and small business actors in the food and beverage sector in Sumenep Regency and what factors influence the perception of micro, and small business actors. The research method used in this study is a qualitative research method, which is the process of searching for data through observation techniques, interviews, and documentation. The results showed that the speakers knew enough about the existence of halal certification. The understanding of the business actors above regarding the importance of halal certification has an impact on the ownership of halal certification for food and beverage business actors in Sumenep Regency. Some of the business actors above have long had the halal certification. Meanwhile, other business actors who do not have halal certification on their products have also registered halal and are in the process. Business actors in Sumenep Regency realize that halal certification has a positive effect on product marketing. Especially for marketing in supermarkets that have a large scale. The halal certification policy that requires business actors to carry out halal certification on food and beverage products traded, according to the speakers, is not burdensome because they get facilities from the Sumenep Regency DISPERINDAG and other institutions on average.   Produk halal makanan dan minuman yang bersertifikat halal menjadi alasan yang dijadikan konsumen untuk membelinya, lantaran adanya kesadaran konsumen terhadap produk halal tersebut. Selain itu pemerintah juga mewajibkan sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman mulai tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi sertifikasi halal pada pelaku usaha kecil mikro bidang makanan dan minuman di Kabupaten Sumenep dan apa faktor yang mempengaruhi persepsi pada pelaku usaha kecil mikro tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang mana proses pencarian datanya melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para narasumber cukup mengetahui tentang adanya sertifikasi halal. Pemahaman para pelaku usaha diatas terkait pentingnya sertifikasi halal berdampak pada kepemilikan sertifikasi halal para pelaku usaha makanan dan minuman di Kabupaten Sumenep. Sebagian dari pelaku usaha diatas ada yang sudah sejak lama memiliki sertifikasi halal. Sedangkan pelaku usaha lain yang belum memiliki sertifikasi halal pada produknya juga sudah melakukan pendaftaran halal dan sedang dalam proses. Para pelaku usaha di Kabupaten Sumenep menyadari bahwasannya sertifikasi halal berpengaruh positif terhadap pemasaran produk. Khususnya untuk pemasaran di supermarket yang memiliki skala besar. Kebijakan sertifikasi halal yang mewajibkan para pelaku usaha untuk melakukan sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman yang diperjual belikan menurut para narasumber tidak memberatkan dikarenakan mereka rata-rata mendapat fasilitas dari DISPERINDAG Kabupaten Sumenep dan juga lembaga lainnya.  
Analisis Faktor Maqashid Syariah, Kesalehan Ekologis, Dan Green Marketing Dalam Keputusan Penerapan Eco Lifestyle Dini Fakhira Bahari; Muhammad Zuhirsyan; Hubbul Wathan; Muslim Marpaung
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the effect of maqashid sharia, ecological piety, and Green marketing in the decision to implement Eco lifestyle. This study uses a quantitative approach and survey method with a population of followers of the @sustaination Instagram account who implements an Eco lifestyle. The sampling technique used is purposive sampling/judgment sampling with a target of 100 respondents. The data analysis technique used multiple linear regression, partial test (T-test), simultaneous test (F test), and determination test (R2), which was processed with the help of SPSS 25. Partial test results (T-test) showed that the Maqashid sharia variable had no partial effect with a significance value of 0.112. Ecological piety has a partial effect with a significance value of 0.001. Green marketing has a partial effect with a significance value of 0.000. Based on the Simultaneous Test (F Test) Maqashid sharia, Ecological Piety, and Green marketing have a simultaneous effect on the decision to implement Eco lifestyle on followers of the @sustaination Instagram account. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Maqashid syariah, kesalehan ekologis, dan Green marketing dalam keputusan penerapan Eco lifestyle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei dengan populasi pengikut akun instagram @sustaination yang menerapkan Eco lifestyle. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah Purposive sampling/judgment sampling. Dengan target responden sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji parsial (uji T), Uji simultan (Uji F) dan uji determinasi (R2) yang diolah dengan bantuan SPSS 25. Hasil Uji Parsial (Uji T) menunjukkan variabel Maqashid syariah tidak berpengaruh secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,112. Kesalehan ekologis berpengaruh secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,001, Green marketing berpengaruh secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan Uji Simultan (Uji F) Maqashid syariah, Kesalehan Ekologis, Dan Green marketing berpengaruh simultan terhadap Keputusan Penerapan Eco lifestyle Pada Pengikut Akun Instagram @sustaination.
Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal Pada Usaha Kecil Mikro di Kabupaten Sumenep Putra Dhimas; Ahmad Makhtum
Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Politeknik Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The concept of halal in the life of Indonesian people has been widely known. Halal in Islamic law is all good and clean food. The fundamental law of halal is that all sources of food from the sea, plants, and animals are considered halal except those that have been forbidden. The opposite of the concept of halal is forbidden, which means it is not justified os prohibited. Halal certification is the process to get a halal certificate in accordance with Islamic shari’a, aims to provide legal certainty of the halalnes of a product so that it can calm the mind for those who consume it. In law number 33 of 2014 concerning halal product guarantee article 4 states that halal certification is mandatory. The purpose of this study is to find out the extent of the implementation of halal product guarantees through halal certification on micro small business product in Sumenep Regency. The research method used is a descriptive qualitative approach research method, the data to be used are primary data and secondary data. From the research carried out, it can be seen that the implementation of halal certification has been carried out, this can be seen from the number of business actors who have registered their products even though there are still a small number of people who have not registered their products. The implementation of halal certification is certainly supported by several factors, in addition, there also several obstacles that hinder the implementation of halal certification. Konsep halal dalam kehidupan masyarakat Indonesia telah banyak dikenal. Halal dalam hukum Islam adalah semua makanan yang baik dan bersih. Hukum dasar halal adalah bahwa semua sumber makanan dari laut, tumbuhan dan binatang dianggap halal kecuali yang telah diharamkan. Lawan konsep halal adalah haram yang artinya tidak dibenarkan atau dilarang. Sertifikasi halal adalah proses untuk mendapatkan sertifikat halal sesuai dengan syari’at Islam, bertujuan untuk memberikan kepastian hukum kehalalan suatu produk sehingga dapat menentramkan batin bagi yang mengkonsumsinya. Dalam Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pada pasal 4 menyebutkan bahwa sertifikasi halal bersifat wajib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi jaminan produk halal melalui sertifikasi halal pada produk usaha kecil mikro di Kabupaten Sumenep. Metode penelitian yang di gunakan ialah metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang akan digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat diketahui bahwa impelementasi sertifikasi halal sudah terlaksana hal ini terlihat dari banyaknya pelaku usaha yang sudah mendaftarkan produknya meskipun masih ada sebagian kecil yang belum mendaftarkan produknya. Terlaksananya implementasi sertifikasi halal ini tentunya didukung oleh adanya beberapa faktor. Selain itu juga, terdapat beberapa kendala yang menghambat terlaksananya sertifikasi halal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6